Notification

×

Kategori Berita

Tags

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cerita rakyat danau uter kabupaten maybrat

Wednesday 21 February 2018 | February 21, 2018 WIB Last Updated 2022-05-23T18:03:00Z


Cerita rakyat 
ASAL-MULA TERJADI  DANAU UTER 
DI KABUPATEN MAYBRAT PROVINSI PAPUA BARAT


Cerita rakyat wariskan dari generasi kegenerasi yang diceritakan orang tua saya tentang asal usul Danau Uter di Kabupaten Maybrat.

 
Pada suatu hari ketika seorang pemuda ia berburu di wilayah kepala air Danau uter, saat itu ia berburu mengunakan tombak, parang bersama seekor anjing yang ia membawa untuk berburu . 

Diperjanan sebelum tiba di tempat dimana mata air danau uter.

sipemuda ini, sudah mendapatkan hasil buruannya dan sambil berjalan, tiba tiba ia mendengarkan suara anjingnya mengonggong. 

iapun terus berjalan menghampiri anjing itu, dan terlihat  anjing itu sedang berusaha mendapatkan mansanya.
  
pemuda ini lalu mendekat dan melihat anjing yang sedang berusaha menggali tanah yang berada di bawah bandar kayu. 

iapun menaruh tombak,noken dan hasil buruanya, lalu menggali tanah dibawah akar-akar kayu untuk melihat apa yang ada dibawah Bandar kayu itu.
  
Sipemuda ini bersama seekor anjing terus menggali, disaat menggali di bawah akar-akar kayu ini, iapun mendapatkan pasir,siput ,batu-batu kecil dan terasa tanahnya basah.

Ketika pemuda ini terus menggali, maka keluarlah seekor tikus dari bawah Bandar kayu itu,dengan spontan anjingnya mengejar tikus dan secara tiba-tiba air keluar juga dari tempat galian si pemuda ini.

Dengan ketakutan si pemuda ini lari searah tikus dan anjingnya, air yang keluar dari Bandar kayu itu mengalir mengikuti jejak Tikus,Anjing dan Pemuda ini. 

Karena Air yang keluar seperti air Bah maka si pemuda itupun mati tertimpah air bah.

Anjingnya terus mengejar tikus dan Air Bah mengikutinya dari belakang, sekitar 8 atau 12 Kilo meter ,anjing itupun juga mati tertimpah Air Bah. 

Tinggal seekor tikus yang berlari dan Air Bah mengikutinya.

Di tempat aya heren atau panta air, tikus itupun masuk di dalam lubang batu , sehingga air bah itu juga masuk kedalamnya. Maka disitulah batas Danau Uter.




Demikian cerita legenda DANAU UTER. Jadikan tulisan sebagai krakter hidup untuk mengabadikan cerita rakyat dari manapun kamu berada dan apapun ceritanya. Asalakan lima sampai sepuluh generasi mengerti Legenda Cerita Rakyat Mereka.By,Chados.Sangkek 

No comments:

Post a Comment

-

=

Recent Posts

CHADOS SANGKEK ALAMAT KAMPUNG SKENDI SORSEL

Comments system

Subscribe Us

×
               
         
close
   
       
 
"C_Ec0AXjaezzM": { "on": "visible", "vars": { "event_name": "conversion", "transaction_id": "", "send_to": ["AW-599875507/PIrqCPeDmOMDELO_hZ4C"] } }