Notification

×

Kategori Berita

Tags

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Potensi kabupaten maybrat

Tuesday 16 February 2016 | February 16, 2016 WIB Last Updated 2016-02-17T02:04:54Z

kabupapten maybrat memiliki potensi pariwisata alam yang patut dikunjungi karena keindahannya. Beberapa tempat yang dapat menjadi tujuan utama wisata antara lain panorama Danau Ayamaru dan Uter di Aitinyo yang begitu memesona, Kali Wensi di Ayamaru juga menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya .Danau  Ayamaru terletak di Distrik Ayamaru, Kabupaten maybrat, 216 kilometer arah barat Kota Sorong. Sejak dulu danau itu menjadi pusat transportasi, wisata, dan sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar. Tetapi fungsi tersebut lama kelamaan hilang dalam beberapa tahun terakhir ini karena air danau Ayamaru menyurut hingga 50 meter, dan bahkan sebagian telah mengering. Sebagian areal danau sudah menjadi rawa dan ditumbuhi rumput-rumput.

Kehutanan
Luas hutan di kabupapten maybrat selatan ± 13.805 Km2 yang meliputi hutan lindung, hutan konservasi dan hutan produksi. Hutan-hutan tersebut tergolong dalam hutan tropis, yang kaya akan flora dan faunanya. Sementara hutan sagu yang ada luasnya mencapai ± 4.000 Km2, sampai saat ini hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup sehari-hari sebagai bahan pangan masyarakat, baru sebagian kecil yang sudah diolah dan dijual di pasar lokal. Sedangkan hasil hutan lainnya, sampai saat ini pun belum termanfaatkan secara maksimal.

Melihat potensi hutan tersebut yang begitu besar, maka sektor ini diharapkan menjadi sumber penerimaan terbesar bagi Kabupaten maybrat.
1)  Aitinyo, ayamaru, Aifat dan Aifat Timur
2) Rotan, Damar, Kayu Lawang; tersebar di Distrik : Aitinyo, Ayamaru Utara, Mare, Aifat, Aifat Timur
3) Kayu Gaharu; tersebar di distrik : Aifat Timur, Aifat, Aitinyo, Ayamaru Timur, Mare

Pertambangan dan Energi
Kabupaten maybrat  merupakan daerah yang memiliki potensi pertambangan yang melimpah dan cukup menjanjikan.. Selain minyak dan gas bumi, sebenarnya kekayaan dalam perut bumi Kabupaten maybrat  juga masih sangat berlimpah. Namun hingga saat ini belum dapat dimanfaatkan.
Potensi mineral yang belum tergarap dan menjadi sebuah potensi investasi yang cukup menjanjikan bagi usaha peningkatan kualitas hidup masyarakat. Potensi tersebut tersebar hampir di seluruh distrik Kabupaten maybrat, seperti gambaran berikut ini;

1)  Distrik : Ayamaru, Ayamaru Utara, Mare, dan Aifat.
2) Bahan Semen; tersebar di Distrik : Ayamaru, Ayamaru Utara, Aifat, Aitinyo
3) Batu bara; ter

No comments:

Post a Comment

-

=

Recent Posts

CHADOS SANGKEK ALAMAT KAMPUNG SKENDI SORSEL

Comments system

Subscribe Us

×
               
         
close
   
       
 
"C_Ec0AXjaezzM": { "on": "visible", "vars": { "event_name": "conversion", "transaction_id": "", "send_to": ["AW-599875507/PIrqCPeDmOMDELO_hZ4C"] } }